Cara Mengatasi Masalah CCTV Mati, No Connected, No Link, dan Offline - Ngoprek IT

 
cctv bermasalah

Ngoprekit.com - Pada kali ini kita akan membahas terkait CCTV, Cara mengatasi masalah CCTV mati, no connected, no link bahkan offline, Jangan khawatir, CCTV di rumah anda tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika CCTV tidak berfungsi, maka hal yang sama pentingnya dengan yang tidak dicatat oleh CCTV karena CCTV tiba-tiba mati tanpa diketahui pemiliknya. Jadi bagaimana jika suatu kejadian yang tidak diinginkan terjadi ketika CCTV dalam kesulitan? Memang, CCTV yang bermasalah tidak akan bisa menjadi bukti lagi.

Kondisi yang seperti itu membuat CCTV tidak berfungsi dengan efektif dan efisien. Juga, menghambat Anda dalam melakukan pengawasan pada lingkungan sekitar, terlebih tempat dimana CCTV dipasang adalah wilayah yang berbahaya.

Untuk mengatasi CCTV Mati  dengan kondisi No Connected, Offline, No Link, maka kita harus melakukan pengecekan terhadap semua perangkat CCTV.

  1. Adaptor atau Power Supply Mati


    Adaptor PSU 

    Power supply adalah sumber listrik kamera CCTV. Jadi, jika power supply rusak atau mati, tentu saja CCTV akan mati juga. Kamu bisa gunakan alat avometer terlebih dahulu untuk mengecek kondisinya. Jika adaptor memang mati, gantilah dengan yang baru.

  2. Kamera CCTV Rusak atau Mati

    cctv hikvision

    Saat kamera CCTV rusak, maka gambar dari DVR menuju monitor juga otomatis akan mati, sehingga tidak ada rekaman yang tersimpan. Namun, apabila fitur infra merah pada CCTV masih hidup, maka yang rusak hanyalah kameranya saja. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke tukang servis agar dapat dicek dan diperbaiki.


  3. DVR Rusak atau Mati

    dvr/nvr

    Alat ini merupakan bagian yang penting dari CCTV. Jika DVR tak berfungsi dengan baik, maka sistem CCTV juga tidak akan berjalan dengan baik. Bila DVR sudah mati, segera bawa ke tempat servis untuk memperbaikinya. Jika ada budget lebih, kamu bisa menggantinya dengan yang lebih baru.

    Baca Juga : Apa Saja Jenis - Jenis dan Type Kamera CCTV ? - Spesifikasi dan Penjelasan - Ngoprek IT

  4. Port Konektor Rusak

    port konektor rusak

    Jika kamu sudah mengecek adaptor, kamera, DVR, dan ketiganya sudah tidak bermasalah, namun monitor tetap tidak ada gambarnya, cobalah untuk cek keadaan port konektor yang terdapat pada DVR. Pindahkan ke port lain yang masih berfungsi, jika CCTV berjalan seperti sedia kala, maka port konektornya yang rusak. Untuk sementara kamu bisa gunakan port lain tersebut, tapi ada baiknya kalau kamu menservis port konektor yang rusak agar bisa berjalan seperti sedia kala lagi.

  5. Kabel CCTV Putus

    kabel cctv putus

    Jika empat aspek di atas masih berjalan dengan normal semua, maka bisa jadi kesalahan terdapat pada kabel CCTV. Kabel bisa saja putus karena digigit tikus atau kualitasnya yang memang tidak bagus. Jika kabel sudah putus, belilah kabel baru untuk menggantinya.

    Demikianlah cara mengatasi masalah CCTV mati, no connect, no link bahkan offline, jika memang semua cara bermasalah, maka solusi selanjutnya ganti cctv atau ganti dvr, dvr bisa upgrade menjadi nvr dengan cctv IP.

    Semoga Bermanfaat.
(YJ)