Apa Yang Dimaksud Redundant Power Supply ?



Ngoprekit.comApakah Anda menjalankan komputer desktop pribadi, atau fasilitas pusat data utama, listrik adalah satu hal yang harus dimiliki semua komputer. Bahkan pemadaman listrik yang sangat singkat akan mengganggu sistem apa pun, dan dalam beberapa kasus, bahkan dapat merusak peralatan. Inilah sebabnya mengapa banyak sistem kritis memiliki perangkat yang dikenal sebagai Redundant Power Supply bawaan. Redundant Power Supply paling sering ditemukan di server, sasis blade, peralatan jaringan besar, dan item penting lainnya.

Memahami jenis catu daya ini akan membantu memastikan peralatan komputer Anda aktif dan berjalan setiap saat.

Apa itu Redundant Power Supply?

Redundant Power Supply adalah ketika satu peralatan komputer beroperasi menggunakan dua atau lebih catu daya fisik. Setiap catu daya akan memiliki kapasitas untuk menjalankan perangkatnya sendiri, yang akan memungkinkannya untuk beroperasi bahkan jika ada yang mati.

Apakah Produk Angustos ada yang memiliki Redundant Power Supply ?

AVW6-3636 – 6.5U Seamless Matrix Switch & Multiple Layers FPGA Video Wall Controller

Untuk operasi normal, masing-masing catu daya akan menyediakan setengah (dengan asumsi ada dua) daya yang dibutuhkan. Jika salah satu dimatikan karena suatu alasan, yang lain akan segera memberikan kompensasi untuk memberikan daya penuh ke perangkat sehingga tidak ada downtime sama sekali.

Satu-satunya kelemahan dari pengaturan catu daya yang berlebihan adalah membutuhkan lebih banyak ruang di dalam perangkat itu sendiri. Inilah sebabnya mereka hanya digunakan dalam situasi di mana uptime sangat penting. Dengan menghilangkan satu titik kegagalan ini, sistem yang berjalan pada perangkat akan tersedia bagi pengguna dengan persentase waktu yang jauh lebih besar.

Pertukaran Panas

Jika salah satu catu daya berhenti bekerja, biasanya Anda dapat menggantinya tanpa mematikan perangkat. Peralatan yang beroperasi menggunakan beberapa catu daya akan memungkinkan Anda mencabut catu daya yang rusak, mencabutnya secara fisik dari perangkat, lalu memasukkan catu daya baru dan menyambungkannya kembali. Catu daya kedua akan terus menjaga perangkat tetap beroperasi sepanjang waktu sehingga pengguna perangkat itu tidak perlu tahu ada masalah.

Sirkuit Daya Terpisah

Untuk situasi di mana Anda ingin memastikan bahwa perangkat akan memiliki daya setiap saat, masing-masing Redundant Power Supply harus beroperasi pada sirkuit listrik yang terpisah. Ini akan memungkinkan perangkat untuk terus berjalan bahkan selama perjalanan sirkuit atau masalah lainnya.

Menjalankan dua sirkuit daya terpisah untuk masing-masing catu daya juga memungkinkan Anda melakukan perawatan dan pekerjaan lain pada peralatan listrik tanpa mematikan perangkat. Penyiapan ini sangat ideal untuk saat waktu aktif sangat penting.

Redundant Power Supply vs Universal Power Supply

Ada dua istilah serupa terkait catu daya yang sebenarnya tidak sama, dan ini sering menimbulkan kebingungan. Yang pertama, tentu saja, adalah catu daya yang berlebihan. Yang lainnya adalah catu daya tak terputus, atau UPS. Tidak seperti Redundant Power Supply, UPS adalah unit terpisah yang bukan merupakan bagian dari perangkat lain.

Sebaliknya, UPS menyediakan listrik terus menerus, bahkan saat listrik komersial padam. Untuk komputer pribadi, UPS bisa berupa perangkat kecil yang berfungsi sebagai cadangan baterai. UPS menawarkan listrik terus menerus hingga kehabisan daya, atau daya komersial hidup kembali. Hampir semua pusat data memiliki sistem UPS utama yang seringkali memiliki sistem cadangan berbasis baterai dan generator diesel. Hal ini memungkinkan fasilitas untuk beroperasi tanpa batas waktu, bahkan tanpa listrik.

Menggunakan Redundant Power Supply

Jika Anda memiliki peralatan yang menggunakan Redundant Power Supply, kemungkinan peralatan tersebut akan ditempatkan di pusat data. Komputer desktop rata-rata, dan bahkan sebagian besar server, tidak memerlukan perangkat keras jenis ini untuk digunakan. Untungnya, merawat Redundant Power Supply tidak lebih sulit daripada catu daya tunggal. Cukup pastikan mereka bersih dan dilengkapi dengan sumber daya yang baik, dan mereka akan memastikan peralatan komputer Anda siap dan siap digunakan setiap saat!