Cara Merawat HP/Smartphone Agar Selalu Optimal Dan Awet - Ngoprek IT

illustrasi - wanita menggunakan handphone

Ngoprekit.com -  Halo gengs ngoprek, kali ini saya akan membahas gimana sih caranya merawat smartphone atau HP kita agar selalu optimal dan awet, untuk mencegah kita tergiur untuk membeli HP yang baru.

1. Selalu Memperbaharui Software ( Update Operasi System )

techjack - update android

Salah satu usaha yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ponsel lemot dan hang adalah selalu rutin memperbaharui software smartphone. Biasanya ponsel akan memberikan pemberitahuan setiap tiga atau empat bulan sekali untuk pembaharuan sistem operasi, ( Tergantung Merek HP )

Namun seringkali kita memilih untuk mengabaikannya, selain berpikir tidak terlalu penting, memperbaharui software juga memakan waktu yang relatif lama karena harus mendownload lalu menginstall. Nah mulai saat ini rajinlah memperbarui ulang perangkat untuk menjaga ponsel Anda berjalan dengan lancar sampai update berikutnya hadir.

2. Matikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

bincangandroid - mematikan aplikasi berjalan
Periksalah latar belakang ponsel untuk mengetahui apakah ada aplikasi yang tidak digunakan namun masih berjalan. Selain itu, saat Wi-Fi menyala, biasanya banyak aplikasi yang melakukan pembaruan sendiri tanpa diminta. Gimana cara mematikan aplikasi yang sedang berjalan? mudah saja, tinggal buka pengaturan HP kalian lalu liat aplikasi/apps, klik aplikasi yang menurut anda tidak digunakan, lalu ada pilihan force stop.

3. Melakukan Pembersihan Ponsel Secara Berkala.

colourbox - cleaning

Kalau sudah tidak membutuhkan dokumen atau gambar-gambar lama, sebaiknya hapus saja dari ponsel atau kamu bisa membackupnya ke komputer atau laptop jika ingin masih menyimpanya. Bahkan kalau perlu hapus juga aplikasi yang tidak perlu dan jarang digunakan. Luangkan waktu untuk sesekali membersihkan ponsel, agar cache tidak menumpuk. Dengan cara ini ponsel Anda akan bekerja lebih cepat dari biasanya. 

Baca Juga : 4 Cara Mudah Mengatasi HP Android Yang Lemot Dan Lag Parah, 100% Ampuh

Tetapi apabila gengs ngoprek tidak ada waktu alias sibuk, saya rekomendasikan menginstall aplikasi File By Google, jadi nanti dari aplikasi itu banyak rekomendasi file apa aja yang sudah lama, atau sudah lama tidak digunakan untuk di hapus atau install ulang. Download aplikasinya disini gengs.

4. Istirahatkan HP/Smartphone Sejenak

droidlime - istirahatkan handphone

Tidak hanya manusia yang punya lelah, dan butuh istirahat, handphone juga sama, jika kalian menggunakan waktu 24 jam untuk terus mengaktifkan ponsel, sebaiknya ubah kebiasaan ini. Smartphone juga butuh beberapa waktu untuk beristirahat sejenak. Bukan hanya mengistirahatkannya saat pengisian baterai saja, melainkan mematikan ponsel selama beberapa jam. Selain kinerja ponsel menjadi cepat, koneksi internet juga berjalan lebih cepat setelah Anda mematikannya beberapa saat.

5. Meriset ulang seperti bawaan pabrik

duniakita - reset android

Kalau memang ponsel Anda sudah berjalan sangat lambat/lemot dan lag parah, dan sudah melakukan beberapa cara diatas tapi masih saja sama? sebaiknya riset ulang ponsel seperti bawaan pabrik ketika baru membelinya. Itu berarti menyetel ulang dengan benar-benar mengosongkan segala sesuatu yang ada di ponsel.

Pastikan untuk mem-back up semua data seperti aplikasi, musik, foto, dan info kontak sebelum merisetnya. Sehingga Anda tidak kehilangan data saat mengembalikan fungsi telepon seperti semula.

Oke gengs, semoga cara diatas menjadi referensi kalian untuk bisa mengoptimalkan HP/Smartphonenya ya, jangan lupa di share jika artikel ini bermanfaat, terima kasih.