4 Cara Mudah Mengatasi HP Android Yang Lemot Dan Lag Parah, 100% Ampuh - Ngoprek IT

loading icon

Ngoprekit.com - Hallo gengs, hape kamu lemot? lag parah? Memang semakin lama atau sering dipakai, kinerja ponsel atau handphone biasanya terasa lebih lambat/lemot atau sering lag dan parahnya bahkan bisa berhenti mendadak atau kerestart. Ini terjadi karena data pada storage di ponsel makin bertambah, baik dari banyaknya aplikasi yang dipasang maupun data yang masuk.

Walau Anda telah mengurangi sejumlah aplikasi dan data tersebut, hal itu tidak serta merta membuat bekasnya juga ikut hilang. Sisa data ini sering disebut cache atau sampah, inilah yang membuat ponsel Anda lemot lalu tiba-tiba lag dan bahkan sampai mati sendiri.

Oke bagaimana cara mengatasinya? tanpa basa basi, simak cara mudah mengatasinya ya! :

1. RAM OVERLOAD

ilustrasi hp lemot

Random Access Memory (RAM) adalah ruang penyimpanan untuk berbagai data aplikasi yang masih aktif dalam ponsel. RAM digunakan untuk menyimpan data primer atau sebagai memori utama. Kalau ponsel kalian tiba-tiba lemot dan lag, biasanya RAM sudah overload atau kelebihan data.

Solusi untuk masalah tersebut bisa kita gunakan dengan menginstall aplikasi ketiga, jika memang di HP kalian sudah ada bawaan aplikasi pembersih RAM, maka selalu gunakan setiap saat aplikasi tersebut, jika belum ada aplikasinya di HP kalian, saya menyarankan gengs ngoprek untuk menginstall aplikasi bernama SD Maid, setelah di install, gengs ngoprek tinggal melakukan proses cleaning di aplikasinya, untuk download SD Maid langsung saja klik disini.

2. STORAGE INTERNAL FULL

notice storage full

Banyak dari kita yang mengabaikan kapasitas memory internal yang kita miliki, seperti banyaknya data yang masuk tanpa kita sadari hal tersebut membuat handphone kita menjadi lemot dan lag, mungkin agak ribet juga untuk kita selalu mencari dan menghapus data secara manual di handphone kita.

Nah untuk caranya agar kita tidak usah pusing lagi untuk mencari dan menghapus secara manual, saya merekomendasikan gengs ngoprek menginstall aplikasi yang bernama Files By Google, aplikasi ini bawaan langsung dari Google, jadi otomatis aplikasi ini memberi tahu kita aplikasi yang sudah lama tidak digunakan, sampah dari aplikasi serta file yang sudah banyak, jadi kita bisa langsung menghapus atau mencandangkannya, buat kalian yang belum install aplikasinya, langsung saja download File By Google disini.

Baca Juga : Rekomendasi Game Strategi Online/Offline 2021

3. VIRUS ATAU MALWARE

ilustrasi virus atau malware

Secara tak sadar beberapa virus-virus berbahaya akan masuk ke ponsel saat Anda mengunduh aplikasi atau mengakses link. Virus-virus atau malware inilah yang dapat menyebabkan performa ponsel Anda terganggu dan pada akhirnya membuat lemot dan lag parah.

Cara kita memastikan HP kita aman dari virus atau malware bagaimana? saya merekomendasikan gengs ngoprek untuk menggunakan aplikasi Kaspersky, selain bisa menjaga dari virus dan malware, Kaspersky juga menjadikan HP kita 100 Persen aman dari pishing atau spy, yang pastinya menjaga performa HP kita agar tidak lemot dan lag, buat yang belum install aplikasinya, silahkan download Kaspersky disini.

4. CACHE OVER

illustrasi cache

File cache atau sampah akan diproduksi secara terus menerus saat Anda membuka dan menjalankan aplikasi tertentu. Sebenarnya file sampah tersebut jangan dibiarkan menumpuk pada memori internal. Anda harus sering membersihkannya agar sampah yang menumpuk tersebut tidak membuat handphone lemot dan nge-hang.

Aplikasi apa yang bisa digunakan? banyak sekali, akan tetapi gengs ngoprek saya rekomendasikan untuk menggunakan aplikasi yang bernama CCleaner, aplikasi ini sudah teruji sejak ada di dekstop atau komputer, dan sekarang pihak CCleaner mengembangkan untuk android dan ios,  buat kalian yang belum install aplikasinya, silahkan download aplikasi CCleaner disini.

Nah gengs ngoprek, 4 Masalah diatas merupakan hal yang berarti untuk mengatasi HP Android yang lemot dan lag parah, silahkan dicoba, apabila bermanfaat, bagikan informasi artikel ini ya gengs, terima kasih.